Jumat, 10 Mei 2019

Kapal Prince Soya Tabrak KM Cattleya, Pelabuhan Parepare Bergetar


Kecelakaan laut terjadi di sekitar Pelabuhan Nusantara, Kota Parepare, Sulawesi Selatan. 

Kapal penumpang KM Prince Soya menabrak KM Cattleya Express yang sedang berlabuh di Pelabuhan Nusantara, Kota Parepare. 

Akibat peristiwa itu, kedua kapal mengalami kerusakan. KM Prince Soya yang menabrak mengalami kerusakan pada bagian depan. Sementara KM Cattleya mengalami kerusakan cukup parah di bagian belakang. Tidak ada korban jiwa ataupun luka dalam kejadian itu. 

"Saat kejadian, KM Prince Soya dari Pelabuhan Cappa Ujung, Kota Parepare, hendak berlabuh menunggu penumpang di Pelabuhan Nusantara, Kota Parepare. KM Prince Soya terlihat oleng. Sebelum menabrak kapal KM Cattleya, KM Prince Soya nyaris menabrak KM Queen Soya," kata Basri, warga Parepare, Selasa (7/5/2019).

Kata Basri, saat kejadian, dermaga pelabuhan bergetar. Tiga tali penahan kapal yang terikat pada tiang putus. 

"Tiga tali penahan kapal KM Cattleya putus. Tabrakan yang terjadi menimbulkan dentuman keras. Beruntung saat kejadian, penumpang belum berada di pelabuhan," kata Basri. 

Manajer operasional PT Panca Merak Samudra pemilik KM Cattleya Express, Yasser Asal Tjanring, mengatakan, kapal milik perusahaannya mengalami robek dan penyok di bagian punggung belakang akibat tertabrak. 

"Rusak di bagian belakang kapal. Dinding mengalami robek dan penyok," kata Yasser.

Kepala Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) Parepare, Dahlan menjelaskan, kecelakaan itu disebabkan ada masalah kemudi di KM Prince Soya. 

"Dari keterangan nakhoda KM Prince Soya, kemudi tidak dapat terkontrol sesaat kapal ingin berlabuh di dermaga Pelabuhan Nusantara," katanya.

sumber:  kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar