Kamis, 24 Januari 2019

Harus Tampung 700 Kapal, Banten Butuh Pelabuhan Baru


Pelabuhan di Banten diakui masih kurang untuk menampung sekitar 700 kapal yang tiap bulan sandar di empat pelabuhan. 700 kapal itu terdiri dari kapal luar negeri dan dalam negeri.

Di Banten, ada empat pelabuhan yang digunakan untuk bongkar muat baik kapal kargo maupun kapal curah. Keempat pelabuhan itu yakni, Pelabuhan Krakatau Bandar Samudera, Merak Mas, Pelindo II, dan Bandar Bakau Jaya. 

Keempatnya merupakan pelabuhan bongkar muat barang-barang kebutuhan industri dan barang ekspor maupun impor.

"Di Banten bukan cuma pelayaran Indonesia saja kita melayani kapal asing yang masuk," kata Ketua Indonesian National Shipowner Association (INSA), Agus Sutanto kepada wartawan di Kota Cilegon, Kamis (17/1/2019).

Antrean kapal yang hendak masuk pelabuhan di Banten sering kali terjadi antrean. Keberadaan empat pelabuhan dinilai belum cukup lantaran banyaknya kapal yang datang ke Banten

Terlebih, lanjut Agus, jika terjadi cuaca buruk kapal-kapal susah sandar karena pelabuhan yang ada masih belum cukup untuk disandari kapal-kapal besar.

"Pelabuhan masih kurang, terbukti masih ada kapal antrean kalau parameter masih ada antrean berarti masih kurang karena nunggu kapal yang ada," ujarnya.

Para pengusaha kapal berharap ada pembangunan pelabuhan baru untuk mengurangi antrean di laut Banten. Adanya pelabuhan baru di Banten juga diharapkan dapat mengurangi antrean yang ada di Pelabuhan Tanjung Priok.

sumber: detik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar