Selasa, 22 Januari 2019

Cuaca Ekstrim, Kapal-Kapal di Pelabuhan Tanjung Kalian Belum Berlayar




Kepala angkutan sungai danau dan penyeberangan (ASDP) Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok, Bangka Barat, Wahyudi Susatio menyampaikan, hingga siang ini kapal menuju Pelabuhan Si Api-api Palembang belum diberangkatkan, Selasa (22/1/2019).

Penyebabnya karena cuaca ekstrim, gelombang tinggi disertai angin kencang, sehingga keberangkatan ditunda untuk keselamatan penumpang.

" Hari ini memang kelihatannya gelombang disertai angin kencang terlihat dari usai subuh tadi, kemarin padahal masih normal, kami melayani enam trip kalau hari-hari santai seperti ini," terang Wahyudi, Selasa (22/1/2019).

Dia menyebutkan, pihaknya belum bisa memastikan apakah hari ini kapal bisa menyeberang atau tidak, tergantung dari informasi yang diterima dari KSOP.

Misalnya pihak KSOP sudah menyatakan aman untuk berlayar maka pihaknyapun siap. Namun kalau memang belum diperbolehkan, lebih baik menjaga keselamatan penumpang.

" Kami kalau berlayar menyesuaikan dengan kondisi, kalau nanti siang aman dan dimungkinkan untuk berlayar, dari KSOP juga menyatakan aman dan boleh dilayari, kami berangkat," terangnya.

Sementara Kapten Rahman Fajrin, pihak Kantor Kesyabandaran Muntok menyampaikan, pelayanan penyeberangan kapal Tanjung Kalian, Muntok, di tunda atau delay.

Hal ini disebabkan karena angin kencang berhembus, gelombang air laut pasang, dan gelombang ombak tinggi.

" Semua kapal di tunda keberangkatannya, sembari menunggu cuaca tenang dan bersahabat baru diizinkan berlayar," ungkap Kapten Rahman

sumber: liputan6

Tidak ada komentar:

Posting Komentar