Kamis, 06 Desember 2018

Perusahaan Pengangkut Batu Bara Ini Borong Kapal Besar

                                                                        Ilustrasi

PT Transcoal Pacific Tbk (TCPI) mengumumkan, telah membeli satu unit Mother Vessel yang bernama MV Aquarius Ocean berbendera Singapura. Pembelian itu dilakukan melalui anak usahanya, PT Sentra Makmur Lines pada akhir November 2018 kemarin.

Kapal Mother Vessel berkelas Nippon Kaiji Kyokai itu memiliki kapasitas GRT (Gross Register Tonnage) dan NRT (Net Register Tonnage) masing-masing 30.014 ton dan 18.486 ton. 

"Pembelian Mother Vessel ini bertujuan untuk memperkuat armada yang dibutuhkan oleh TCPI dalam melaksanakan pekerjaan di masa yang akan datang," kata Corporate Secretary TCPI Anton Ramada Saragih dalam keterangan tertulis, Kamis (6/12/2018).

Perseroan sendiri mengaku saat ini perlu mengoperasikan 22 set tug & barges dan 3 floating crane untuk kegiatan transshipment, 125 tug and barges dan 11 mother vessel untuk kegiatan long hauling batubara, dan 2 mother vessel untuk kegiatan pengangkutan bijih nikel di Sulawesi. 

Oleh karena itu, pada Januari 2019 mendatang, TCPI berencana untuk membeli lagi kapal Mother Vessel dan Floating Crane masing-masing 1 unit.

Berdasarkan kontrak-kontrak yang ada saat ini, volume pekerjaan TCPI untuk pengangkutan batubara adalah 42 juta MT per tahun. 

Kontrak itu terdiri dari untuk pekerjaan transshipment sebesar 24 juta MT per tahun dengan nilai kontrak Rp 3 triliun sampai dengan 2021 dan pekerjaan long hauling sebesar 18 juta MT per tahun dengan nilai kontrak Rp 13,3 triliun sampai dengan 2027 adalah sebesar Rp 13,3 triliun, dan untuk pengangkutan bijih nikel sebesar 1,1 juta MT per tahun dengan nilai kontrak Rp 570 miliar sampai dengan 2023.

Berdasarkan kontrak-kontrak tersebut di atas, pendapatan TCPI diharapkan akan meningkat secara signifikan yang akan mencapai kurang lebih Rp 3 triliun per tahun.

sumber:  detik 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar