Rabu, 17 Januari 2018

YWTS akan Buka Galangan Kapal seluas 6 hektar di Bangkalan Madura


Perusahaan galangan kapal Samudera Indonesia, PT Yasa Wahana Tirta Samudera (YWTS) tengah mempersiapkan lokasi baru seluas 6 (enam) hektar untuk dibangun Galangan kapal bagi kegiatan new building sekaligus fasilitas repair/docking kapal di Bangkalan, Madura Jawa Timur.

“Kami masih menunggu izin Pemerintah Kabupaten Bangkalan, sedangkan izin pemanfaatan ruang dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur sudah kami miliki,” jelas Direktur Pengelola PT YWTS, Musthofa kepada Maritimnews di kawasan pelabuhan Tanjung Emas Semarang, baru-baru ini.

Menurut Musthofa, nantinya fasilitas Galangan kapal tersebut mampu tangani pembangunan kapal baru ukuran 10.000 DWT. Galangan juga dipersiapkan bagi kegiatan repair/docking kapal, antara lain melayani kapal-kapal niaga yang beraktifitas di pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

“Investasi untuk lahan seluas enam hektar dan pembangunan tahap I galangan kapal YWTS yang baru, diperkirakan menelan dana mencapai Rp 80 milyar,” ujar Musthofa seraya menambahkan, bahwa lahan di Socah Kabupaten Bangkalan merupakan tanah milik PT YWTS bukan sewa.

Dalam waktu dekat, perusahaan galangan swasta tersebut akan menggelar acara seremonial soft launching pembangunan tahap I galangan kapal YWTS seluas 6 hektar di wilayah Bangkalan Madura. Dimana lokasinya bersebelahan dengan galangan kapal PT Adiluhung Saranasegara Indonesia.

“Saat ini lahan galangan kami di jalan Deli pelabuhan Tanjung Emas Semarang sangat terbatas dan seringkali banjir. Apalagi kami hanya menyewa lahan galangan dari Pelindo. Untuk Galangan kapal yang di Bangkalan, direncanakan tahun 2019 akan mulai beroperasi,” pungkasnya.

sumber: maritimnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar